Welcome to my greeeeeny world :D

Punya opini, ide, atau gagasan? Itu udah fitrah manusia sebagai makhluk yang dilengkapi dengan akal. Akal pula lah yang membuat kita bisa memfilter mana yang akan kita ikuti, mana yang akan kita ambil, dan mana keputusan yang terbaik untuk kita. Itu yang membedakan kita sama hewan. Kita. Manusia.

Dari semua pikiran itu, sering kali kita merasa kalo pikiran kita yang paling oke, paling nggak terkalahkan, bahkan paling perfek. Weits, tunggu dulu, Sis, Bro… Ini mulai melenceng namanya. Yang namanya manusia itu jauh dari kesempurnaan lho. Meskipun kita dibekali dengan akal, tapi nggak selalu kita berdayakan dengan baik. Kadang kita jadi sombong *karena akalnya nggak lengkap-lengkap banget*atau seenaknya memvonis orang lain di hadapan kita padahal orang itu sebenernya lebih baik daripada kita. Iya atau iya?

Di organisasi, opini tiap anggota adalah hal penting karena dari situlah organisasi bergerak. Coba kalo nggak ada yang mikirin tentang acara yang mau dibuat, pasti nggak akan ada agenda yang jalan. Gawatnya, ada orang-orang yang sering banget suka nyetir tapi nggak suka disetir. Kalo nggak sesuai dengan keinginannya, dia bakal protes keras, malah bisa jadi ngancam keluar dari organisasi *apadeh? Nggakpenting!*

Tiap orang punya opini masing-masing. Nggak harus nurut apa yang kita pikirin. Jangan-jangan karena nggak sama kayak kita terus kita singkirin dia—atau mereka—dari kelompok? Wah wah… Emang bener kalo kita pasti nyari yang setujuan, tapi kalo nyari yang pikirannya sama persis dengan kita, ya monggo ke laut aja. Ngomong sana sama ikan hiu! Emangnya manusia sama kayak tanah liat yang bisa dibentuk-bentuk?

Lucu banget sebenernya kalo ada yang memaksakan pikirannya ke orang lain, keliatan banget nggak dewasanya gitu lho. Padahal kadang orang-orang yang kayak begini sering bilang kalo orang lain nggak dewasa. Cuma karena nggak berhasil mendoktrinkan pikirannya ke orang tersebut. Mungkin yang dipikirkannya emang bagus, tapi apa iya selalu bagus di mata orang? Misalnya aja nih ya, berhubung udah selese ujian, seenaknya aja mengagendakan rapat pada hari di mana teman-temannya yang lain masih ujian esok harinya. Mungkin nggak ngaruh buat yang udah bikin keputusan, tapi buat temannya yang lain? Ada banyak kepala di organisasi yang menyimpan banyak pikiran.

Allah menciptakan makhluk-Nya dengan berbagai karakter. Buah tu ya, ada banyak jenisnya, dari yang warnanya merah sampe ijo, dari yang rasanya manis sampe pahit, dari yang bentuknya lonjong sampe yang kayak bintang. Manusia juga gitu, pikirannya nggak sama, boring banget dong kalo di dunia ini pikirannya sama semua, nggak akan ada inovasi karena semuanya mikir yang sama persis, plek!

Coba kalo ada yang bilang, “Si Fulan tu bandel, nggak mau ikut ini itu, hobinya pulang kampung mulu, mana kalo…”

STOP!

Saya sarankan bawa cermin! Siapa tau kan Si Fulan emang punya pikiran yang beda. Seperti yang saya bilang tadi, manusia tu dibekali akal. Dia bisa memilih apa yang menurutnya pantes buat dia. Sekali lagi, asalkan nggak menyalahi akidah, kenapa kita harus repot dan banyak protes? Kalo emang kita menyeru ke arah kebaikan dan dia nggak mau, kenapa harus maksa? Inget, Mas, Mbak, ada banyak cara yang baik yang bisa kita lakukan, nggak harus maksain pikiran kita ke orang lain. Apalagi kalo setelah maksa dan nggak berhasil pake ada acara boikot geje dan nggak guna. Merusak silaturahim, menimbulkan fitnah, dan pastinya nambah dosa.

So, nggak perlu kita maksa orang buat ikut apa yang kita pikirin. Tapi kita juga nggak boleh lepas tangan gitu aja. Tugas kita buat ‘amar ma’ruf nahi munkar dengan cara yang baik. Karena Rasulullah tercinta selalu memberi contoh baik dan lembut pada kita : )

^hikari_hamzah yang ingin selalu menjalin persahabatan dengan siapa pun^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: