Welcome to my greeeeeny world :D

Kuliah Itu…

Assalamu’alaykum warahmatullah… 😀

Bismillaah…

Kali ini saya mau sedikit membahas tentang kehidupan kuliah. Beberapa hari lalu saya sempat nonton FTV dengan kehidupan kuliahnya yang kalo saya bilang sih aneh. Anak kuliah yang saya tau pakaiannya sopan ya… Ini? Beeeeuuuuuh, boro-boro sopan, dibilang nggak sopan aja udah termasuk untung. Itu mau kuliah apa mau ada ajang modeling? Saya nggak ngerti deh.

Bagi adek-adek yang mau masuk kuliah, jangan berharap banyak deh ntar kalo kuliah mirip sama yang di FTV-FTV nggak keruan itu *ups, emosi* yang kalo nggak pakaiannya ngebuka banget atau kayak nggak kuliah. Saya nggak tau sih ya, kalo lagi filming gitu bajunya yang nyediain siapa, tapi mbok ya disesuaikan. Anak kuliahan kok pake segitu pendek, lengan baju udah nggak tau kecantol di mana, kadang juga kalo diliat kayaknya kuliah kok buat ajang cari pacar. Ini nggak ada lagi yang lebih mendidik? Oke lah ya, emang minat remaja sekarang tentang cinta, tapi kenapa kayaknya nggak logis banget bikin setingan anak kuliahan yang begitu? Yang wajar-wajar aja kenapa? Kayaknya kalo saya kuliah banyak tugas deh. Trus juga ada peraturan-peraturan yang melarang pake baju-baju gitu ke kampus. Saya nggak tau apa emang ada kampus yang membiarkan mahasiswanya ke kampus pake kayak yang di tipi-tipi itu. Sejauh yang saya ngerti sih nggak ada.

Nah, kenapa saya milih ini untuk dibahas? Gini lho, dulu waktu saya masih SMA, pengen banget cepet kuliah. Jadi, dulu di bayangan saya, kuliah itu enak, banyak istirahatnya, banyak waktu luangnya, lebih santai karena yang kita pelajari ya yang kita sukai. Tapi ternyata itu tidak berlaku bagi saya, Sodara-sodara! Saya dengan yakin mengakui bahwa saya termakan dengan setting yang disajikan FTV-FTV yang disetel siang hari itu. Kapan hari, saya nonton FTV yang saya nggak tau apa judulnya. Diceritakan bahwa ada seorang Raja Gombal yang kalo mau mempertahankan predikat Raja Gombal-nya, maka dia harus bisa menaklukkan seorang gadis cupu yang hatinya susah terbuka. Saya nggak tau gimana critanya tiba-tiba Mbak ini kok bertransformasi menjadi seorang gadis jelita yang pakaiannya jadi ‘sesuatu’ gitu. Dari roknya yang panjang tiba-tiba di-cut jadi super ngirit kain. Dari yang biasanya pake lengan panjang tiba-tiba sobek sebelah. Mmmm… sesuatu banget liatnya. Nggak masalah sih kalo makenya nggak di kampus, ini dipake buat kuliah, mameeeen…. Buat masuk kelas ==’

Iri? Nggak lah. Saya bersyukur Allah masih mempertahankan rasa malu di diri saya hingga saya nggak seenaknya memamerkan apa yang tidak seharusnya saya pamerkan ke orang yang tidak halal bagi saya. Bukannya apa-apa sebenernya, tapi harusnya tayangan di tipi tuh mendidik dong. Masa’ iya iklan produk kosmetik sampe ada scene mau, maaf, ciuman. Aduuuuuh? Mana itu juga ditampilkan siang hari. Nggak ada ide lain yang lebih bagus ya? Masa’ generasi kita makin dijejali hal-hal semacam itu? Lembaga Sensor pun harusnya nggak meluluskan. Oh iya, ngomongin soal iklan lagi, ada tuh iklan parfum yang luar biasa nggak pantes diliat. Bagi saya, itu melecehkan wanita. Nggak tau deh wanita-wanita yang lain merasa dilecehkan apa nggak.

Kembali ke bahasan kuliah. Kalo kuliah tuh banyak tugas, kadang sampe pagi aja tugas belum selesai. Ooooh… Ini nih, pas OSPEK, biasanya di FTV tuh ada scene plonco tapi sambil nyari gebetan. Mungkin emang ada yang nyari gebetan. Tapi kayaknya udah nggak ada deh yang pake julukan bangsa hewan begitu. Udah cakep-cakep dipanggil dengan nama hewan. Bikin gregetan. Kayaknya penulis naskah harus update berita-berita seputar kampus deh biar nggak sotoy. Kadang ada yang bilang itu buat nguatin mental, mungkin di kampus lain juga ada yang gitu (masalahnya di kampus saya udah nggak musim begitu lagi), tapi ya dibenahi lagi lah. Biasanya OSPEK itu banyak diisi pengenalan kampus lho, bukan perploncoan. Plis deh plis deh. Saya bukan aktivis? Memang. Lagian saya menulis sesuai dengan pengalaman saya di kampus. Duli saya nggak ada plonco gitu, nggak ada kuncir-kuncir, nggak disuruh pake nametag dengan sebutan hewan. Nggak ada.

Saya juga pernah liat di tipi, waktu itu temennya ngerjain si cewek, jadi bangkunya dipasangin lem, trus akhirnya celana si cewek ini lubang. Biar nggak keliatan, dia lepas jaket (atau mungkin kemejanya—saya lupa), dan dia pake kaos tanpa lengan! Meeeen, itu dosennya nggak protes? Oke lah, kalo di luar negeri mungkin biasa. Tapi kita di Indonesia lho… Sesuaikan dong. Kebanyakan kampus nggak membiarkan mahasiswanya pake pakaian gitu. Kalopun boleh, biasanya dosen udah sindir-sindir. Orang kadang pake make up rada tebel aja dikirain mau ikut audisi nyanyi.

Bagi yang mau kuliah, jangan terlalu berharap ntar kuliah kayak yang di tipi-tipi. Malah yang bagus jangan ikutin itu yang di FTV. Nanti pas kuliah pasti banyak tugas, pasti ada ujiannya, pasti mengalami galau akademis (nggak cinta doang yang diurusin). Bagi yang nulis scenario juga disesuaikan dong. Kan banyak perkuliahan yang memerlukan praktikum, jadi jangan seakan-akan memperlihatkan “kuliah itu enak lho banyak waktu luang”. Nggak semua prodi gitu lhoooo…

Well, mungkin Cuma ini yang bisa saya sampaikan. Saya nulis berdasarkan pengalaman dan berdasarkan fakta yang ada. Insya Allah. Kalo emang banyak salah saya mohon maaf ya, Teman. Namanya juga manusia. Kalo ada yang mau ngasih kritik dan saran bisa langsung ke saya 😀

Sampai bertemu di ulasan berikutnya yaaa…

Wassalamu’alaykum ^^

^hikarihamzah^ yang masih galau proposal TT____________TT

Advertisements

Comments on: "Kuliah Itu…" (1)

  1. kuliah saya santai.sibuk e lek menjelang ujian tok.ahahahai
    *mengenang masa lalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: