Welcome to my greeeeeny world :D

Secubit Kenangan di Kasiman (KKN-BBM 46)

Bismillaahirrahmaanirrahiim 🙂

Assalamu’alaykum warahmatullaah 🙂

Hhh… alhamdulillaah… Setelah hampir sebulan saya merantau ke daerah yang saya tidak familiar, akhirnya tanggal 2 Agustus kemarin saya kembali ke Surabaya dan tanggal 3 saya sampai di Malang.

Subhanallaah, lega pastinya. Tapi ada keping-keping rindu yang berjatuhan di hati saya. Saya rindu dengan suasana desa yang sepi dan tenang, saya rindu teman-teman KKN yang ceria dan suka melawak, saya juga merindukan adek-adek di SDN Sekaran yang lucu. Saya rindu.

Bisa dibilang inilah pertama kalinya saya nyaman tidur berdesak-desakan kayak kemaren. Tiap hari berebut ngakuin cermin kecil yang tutupnya pecah. Semuanya membuat saya tersenyum, meski ada beberapa memori yang juga tak sepenuhnya menyenangkan.

Pertama kali sampai di desa Sekaran, saya masih merasa nggak nyaman, apalagi saya biasa di tempat yang berlimpah air, ketika saya di sana saya harus hemat air. Sungguh melelahkan. Tapi Alhamdulillah kemudian saya pindah dari kontrakan ke kosan yang di sana saya lebih bisa menghabiskan banyak air untuk cuci baju walau harus mompa dulu. Tapi itu dianggap sebagai olahraga lah ya 😀

Hari pertama saya ikut ke SD, saya menemukan sebuah kenangan. Kenangan yang kalo diitung-itung ternyata udah lama banget. Kenangan yang terkumpul ketika saya masih cupu banget (sekarang bukannya masih ya?). Kenangan yang akhirnya membuat saya rindu mereka, kakak-kakak KKN di SDN Toyomarto 2. Huaaaaaaaa, Kak Arfin, Kak Indah, I miss you 😦

Kenangan itu menyeruak begitu saja ketika saya liat Yoga merangkul adek-adek, foto-foto bareng mereka. Saya ingat banget saya dulu deket sama Kak Arfin, saya udah menganggap Kak Arfin seperti kakak saya sendiri. Sampe nih ya, emak saya takut banget, dikira saya jatuh cinta sama beliau. Aduuuuuh, bener-bener deh waktu saya tau, saya harus nahan ketawa. Lucu deh ibu saya. Hahaha. Harapan saya, semoga suatu saat saya bisa ketemu sama Kak Arfin sama Kak Indah. Semoga 😦

Balik lagi ke hari pertama di SD, saya ketemu 7 orang adek-adek yang lucu. Empat orang dari kelas 4: Bambang, Rizki, Mala, dan Wati. Tiga orang dari kelas 3: Dita, Iwan, sama Soleh. Saya lebih suka sama yang kelas 3 sebenernya (huehehe, maap ya adek). Habisnya mereka akur banget. Kalo kelas 4 banyak berantemnya, banyak jodoh-jodohannya, banyak rebutannya. Tapi saya tetep sayang mereka. Rasanya sedih gitu pas mau pulang nggak sempat pamitan sama mereka. Saya Cuma punya foto adek-adek yang kelas 3 pula. Hiks.

 

Selain kenangan sama adek-adek di SD, ada lagi kenangan sama cucunya yang punya rumah. Namanya Kolil, anaknya lucu, pemalu, imut banget, dan tentu aja suka tiba-tiba menemani saya kalo lagi cuci baju. Tapi berhubung mood saya suka naik-turun, daripada dia liat saya berubah jadi blasteran antara Hulk sama Shrek (yang sama-sama berwarna ijo), saya akhirnya selalu nyuruh dia masuk buat tidur siang. Haha. Kasian juga ntar gosong lama-lama di luar kan ya?

Oh iya, oh iya. Katanya sih di Kasiman tu ada kelompok masyarakat yang sudah teruji kejujurannya. Hebat kan ya? Semoga selalu begitu deh, aamiin 😀 Pas kami di Sekaran, masyarakat di sana welcome beud. Kalo pagi-pagi ke pasar gitu kami banyak ngobrol, banyak dapet senyuman, banyak juga disuruh mampir ke sana ke mari. Overall kami merasa dilimpahi banyak perhatian sih, juga banyak ekpektasi yang nggak bisa kami wujudkan karena keterbatasan kami. Semoga nanti yang KKN selanjutnya di Sekaran bisa mewujudkan keinginan masyarakat yak 😀

Selama KKN, kami menghabiskan separo Ramadhan kami di sana. Awalnya aneh sih, yang biasanya saya sahur sendiri kalo di kos atau sahur bareng keluarga ketika di rumah, kemaren harus sahur bareng temen-temen yang baru kenal. Kalo mau sahur harus ngambil makan dulu di kontrakan. Asik banget deh merasakan dinginnya udara Bojonegoro pada dini hari. Mmm… di Sekaran tuh panas banget kalo siang, tapi malemnya dingin banget. Alhamdulillah saya udah diwanti-wanti sama Alpi jadi saya bisa bawa selimut tebel 😀 Tiap teraweh, kami dicariin tempat lho. Trus kalo udah selese biasanya ada yang tanya-tanya kami siapa dan orang yang ditanya langsung jawab “KKN”. Sebenernya merasa bersalah karena kami jarang banget ngobrol sama warga, tapi mereka aware gitu sama kami. Terima kasih, Ibu, Bapak.

Yang paling bikin saya seneng adalah kemampuan memasak saya meningkat! Prok prok prooook. Ehehehe. Ada yang lebih parah masaknya dibanding saya. Tempe sama perkedel tahu saya masih laku dimakan. Hahaha *lirik Farynda. Kemampuan berbahasa jawa krama inggil saya juga lumayan meningkat kok. Pas balik ke Surabaya malah bilang “injih” melulu. Kebawa gitu deh. Tapi saya seneng kok, soalnya termasuk sopan kalo ngomongnya pake bahasa jawa sama orang Jawa. Semoga bisa diupgrade ya 😀

Divisi lingkungan (yang saya ada di dalamnya, Risa Sang koor, Rynda yg sekaligus wakil ketua, dan Agung Si Lelaki Fenomenal) bikin empat program. Pertama bersih-bersih masjid yang PJ-nya Agung, Penyuluhan Tanaman Toga yang dipegang Risa, Penyuluhan Pemisahan Sampah yang dikepalai Rynda, dan program Kesehatan Hewan terintegrasi se-Kecamatan Kasiman yang saya pegang kalo di Sekaran. Alhamdulillah empat program ini berjalan lancar semriwing. Hihihi. Saya paling semangat pas Penyuluhan Toga tuh. Sebenernya saya disuruh jadi speaker karena pas bikin powerpoint saya tidur mulu, semacam hukuman. Tapi ternyata saya enjoy. Ibu-ibunya luar biasa bersemangat sih. Saya sampe kehabisan tenaga habis kuis. Keswan ini yang rada bentrok karena nggak bisa dilakukan di Sekaran, akhirnya ikut desa tetangga (yang dipegang Jaja sama Dimas). Yaaaa… walopun saya Cuma nyuntik satu sapi dan tiga kambing, saya udah bersyukur tuh nggak bunuh sapi. Hahaha.

Segitu dulu seputar KKN saya. Yang jelek-jelek disimpen sendiri aja dah ya. Hehehe. Semoga KKN ini bisa bikin semua peserta makin dewasa, makin ngerti dengan pentingnya hidup sederhana, dan ngerti gimana bersikap yang baik pada masyarakat. Aamiin. Begitulah Secubit Kenangan di Sekaran—Kasiman.

Jazakumullah khoir. Wassalam 🙂

^hikari_hamzah yang sudah merindukan Ramadhan lagi^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: